Dekorasi Rumah Minimalis
in Interior, Interior Design

Dekorasi Rumah Minimalis

Dekorasi rumah minimalis merupakan salah satu tren desain yang mulai booming pada abad ke-20 dan masih bertahan hingga sekarang. Ciri dari dekorasi minimalis adalah dengan menghilangkan elemen-elemen yang tidak terlalu penting dalam ruangan tersebut.

Dekorasi rumah berfokus pada hiasan atau perabotan yang ada dalam ruangan tersebut serta memperhatikan titik strategis dan estetika agar menciptakan sesuatu yang indah. Dapat disimpulkan bahwa dekorasi rumah minimalis adalah bagian dari desain interior.

Dekorasi Rumah Minimalis Sederhana

dekorasi rumah minimalis sederhana

1. Meja dan Kursi

Meja dan kursi merupakan salah satu elemen penting dalam dekorasi rumah. Pada umumnya elemen tersebut akan ditempatkan di beberapa ruangan seperti ruang makan, ruang tamu dan ruang keluarga. Pemilihan bentuk, bahan dan warna perlu diperhatikan agar dapat menciptakan rumah minimalis namun tetap memiliki tampilan menarik.

Baca Juga : Desain Ruang Tamu Kecil Minimalis

Pada ruang makan, carilah meja yang sudah satu set dengan kursinya. Perhatikan pula ukuran yang akan ditempatkan di ruang makan. Jangan sampai terlalu kecil ataupun terlalu besar. Pilihlah meja dan kursi dengan bahan kayu atau akrilik tembus pandang sesuai dengan selera, namun disarankan untuk memilih meja dengan bahan kayu untuk menjaga keamanan bila terdapat anak kecil.

Beralih ke ruang keluarga, tempatlah meja dan sofa dengan ukuran yang sedang atau kecil. Pada ruang keluarga, Anda bisa memilih meja yang berbahan akrilik yang tembus pandang. Sedangkan untuk ruang tamu, Anda juga bisa menggunakan meja berbahan akrilik atau bisa juga kayu. Nantinya bisa disesuaikan dengan konsep ruang tamu tersebut.

2. Cat Dinding

Pemilihan cat dinding pada bagian luar dan dalam rumah merupakan hal penting dalam mendekorasi rumah Anda. Tidak disarankan untuk menerapkan warna cat dinding yang warnanya terlalu mencolok seperti merah, hijau, kuning dan sebagainya. Anda bisa mengaplikasikan warna seperti putih, biru muda atau krem untuk cat dinding bagian luar rumah.

Pada bagian rumah, Anda bisa mengaplikasikan beberapa cat dinding di setiap ruangan. Disarankan untuk memilih 3 warna cat dinding yang akan diaplikasikan di rumah Anda. Misalkan pada ruang tamu diberi cat warna putih, ruang keluarga berwarna biru muda dan pada bagian dapur diberi warna krem.

3. Pemilihan Furniture

Jangan menggunakan furnitur dalam ukuran besar untuk mendekor rumah minimalis Anda. Hal ini nantinya akan menyebabkan kesan ruangan tersebut terasa lebih penuh dan sesak. Disarankan untuk memilih furnitur dengan ukuran kecil atau disesuaikan pada luas ruangan tersebut. Usahakan ketika menaruh beberapa furnitur dalam satu ruangan, masih terdapat ruang yang tersisa.

4. Pemilihan Rak

Bagi Anda memiliki hobi membaca atau koleksi buku, Anda bisa menambahkan rak buku dalam salah satu sudut ruangan rumah. Rak buku bisa ditempatkan di kamar ataupun ruang keluarga. Jika ditempatkan di kamar, pilihlah rak buku yang terbuka untuk memberikan kesan bahwa ruangan tersebut luas.

Bila Anda ingin menempatkannya di ruang keluarga untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan piala penghargaan, foto atau barang-barang antik lainnya pilihan rak terbuka atau tertutup bisa menjadi pilihannya. Anda juga bisa memilih kombinasi antara keduanya, dimana pada bagian atas rak tertutup dengan kaca transparan, sedangkan untuk bagian tengah atau bawahnya dibiarkan terbuka.

5. Penyusunan Furniture

Setelah memilih furnitur apa saja yang ingin Anda letakkan di rumah, langkah selanjutnya adalah menyusun furnitur tersebut. Furnitur yang disusun secara simetris dapat menunjukkan kesan dekorasi rumah yang sederhana dan membuatnya terlihat lebih rapi. Beberapa furnitur yang harus diperhatikan ketika meletakkannya diantaranya adalah lemari, lampu ruangan, kursi dan pot tanaman.

Ingatlah bahwa furnitur di atas tidak wajib berukuran besar, cukup dengan menyesuaikan luas ruangan yang akan ditempatinya. Poin penting lainnya adalah menyesuaikan antara desain furnitur dengan desain interiornya. Jika kombinasi antara keduanya cocok, maka akan menghasilkan karya yang bagus.

6. Pemilihan Tirai

Pemilihan tirai untuk mendekorasi rumah perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti warna, motif, bahan dan posisi dari tiang tirainya. Salah satu trik ilusi menciptakan kesan ruangan yang luas adalah dengan menggantungkan tirai setinggi mungkin. Anda tidak perlu khawatir apabila jendelanya berukuran kecil, sebab tirai inilah yang akan mengimbanginya.

7. Membuat Langit-langit Rumah Tampil Berbeda

Langit-langit rumah dengan dekorasi eternit adalah sesuatu yang seringkali Anda jumpai di hampir seluruh rumah. Agar terlihat berbeda dengan yang lainnya, Anda bisa melakukan ekpos pada langit-langit rumah tersebut. Dalam hal ini bukan berarti membiarkan atap rumah menjadi terbuka lebar. Namun dengan melakukan perombakan.

Anda bisa mengaplikasikan rancangan skylight yang bermaterial kaca untuk menambah kesan luas pada ruangan tersebut. Ketika akan mengaplikasikan skylight, usahakan rumah Anda didukung oleh banyak pepohonan rindang disekitarnya. Tujuannya adalah ketika musim panas tiba rumah tetap terasa sejuk.

Anda juga bisa mengaplikasikan model struktur atap dengan kerangka kayu atau baja ringan. Material kayu tersebut tentunya adalah kayu yang sudah di finishing. Anda bisa membuat kerangkan bentuk standar, yaitu lurus membentuk kotak-kotak atau berbentuk segitiga.

8. Menerapkan Dekorasi Garis Horizontal

 

Anda pasti pernah mendengar ilusi mata dengan garis-garis lurus. Ini juga bisa diaplikasikan dalam mendekorasi rumah Anda. Garis horizontal akan memberikan kesan rumah yang luas. Sedangkan untuk garis vertikal memberikan kesan ruangan yang tinggi, padahal pada kenyataannya tidak terlalu tinggi.

Ketika mengaplikasikannya, Anda bisa bermain motif dan warna. Pilihlah motif yang tidak terlalu rumit, pilihlah motif yang sederhana. Sedangkan untuk pemilihan warnanya, Anda bisa mengaplikasikan kombinasi warna antara hitam dengan putih.

Kombinasi antara pemilihan warna cat dinding dengan efisiensi elemen dalam suatu rumah nantinya akan menghasilkan rumah minimalis yang memiliki nuansa berbeda. Pintar-pintarlah dalam menkombinasikan elemen tersebut agar dapat menciptakan dekorasi rumah sesuai keinginan Anda.

Contoh Dekorasi Rumah Minimalis Sederhana

 

dekorasi ruang tamu minimalis kecil
dekorasi ruang tamu minimalis kecil
dekorasi rumah minimalis ruang tamu
dekorasi rumah minimalis ruang tamu
desain ruang tamu mewah sederhana 3x3
desain ruang tamu mewah sederhana 3×3
desain ruang tamu minimalis hijau 3x3
desain ruang tamu minimalis hijau 3×3
desain ruang tamu minimalis kecil mungil 3x3
desain ruang tamu minimalis kecil mungil 3×3
desain ruang tamu minimalis mungil
desain ruang tamu minimalis mungil
desain ruang tamu minimalis mungil
desain ruang tamu minimalis mungil
desain ruang tamu minimalis sempit dan mewah
desain ruang tamu minimalis sempit dan mewah
desain ruang tamu minimalos unik dan mewah
desain ruang tamu minimalos unik dan mewah
desain ruang tamu modern cantik
desain ruang tamu modern cantik
desain ruang tamu mungil unik 3x3
desain ruang tamu mungil unik 3×3
desain ruang tamu unik 3x2
desain ruang tamu unik 3×2

Itulah sedikit gambaran mengenai dekorasi rumah minimalis dan contoh desainnya, semoga artikel ini dapat menginspirasi Anda dalam membangun rumah dan ruang tamu yang sesuai dengan selera Anda. Terimakasih 🙂

archipelagointerior.com )

One thought on “Dekorasi Rumah Minimalis

  1. saya merasa kok kalau meja sofa nya ceper atau lebih rendah dari tinggi dudukan sofa seperti gambar no.2 dari bawah dirasa kurang nyaman ya. mesti agak bungkuk untuk mengambil hidangan. saya pikir sebaiknya sekalian saja pakai konsep lesesan. sofa bisa diganti dengan kursi malas atau bean bag.

    Reply

Post Comment