Cara Menghias Kamar Tidur
in Interior, Interior Design

Cara Menghias Kamar Tidur

Setiap orang memiliki cara menghias kamar tidur sesuai dengan keinginannya. Ada yang memilih menghias kamar dengan konsep superhero, fairy, balapan mobil dan lain sebagainya. Ada juga yang masih bingung mencari konsep desain kamar. Berikut ini adalah beberapa tips, trik dan cara menghias kamar tidur.

Cara Menghias Kamar Tidur Elegan

cara menghias kamar tidur elegan

1. Menentukan Warna Properti

menentukan warna properti
pixabay.com

Pemilihan warna yang akan diaplikasikan di kamar tidur perlu diperhatikan. Kombinasi warna-warna cerah akan memberikan kesan luas pada ruangan tersebut. Contoh warna cerah yang biasa digunakan di kamar tidur diantaranya adalah biru muda, putih, kuning dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pengertian Desain Interior

Warna-warna tersebut bisa digunakan untuk pewarnaan dalam cat dinding, warna keramik lantai serta beberapa properti lainnya. Furnitur lain seperti meja belajar, lemari dan kabinet juga bisa bermain kombinasi warna. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah kombinasi warna antara satu dengan yang lainnya cocok dan terlihat indah.

2. Menghias Dinding Kamar

menghias dinding kamar
hgtv.com

Dinding yang memiliki space luas dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam. Ketika pertama kali dibangun, Anda bisa memanfaatkan dinding tersebut dengan cara membuat beberapa lubang kotak kecil yang dijadikan sebagai tempat penyimpanan. Kondisi ini tentunya dapat menghemat pengeluaran untuk rak.

Anda juga bisa menambahkan beberapa frame foto pada sudut tertentu. Bisa juga dengan menambahkan wall art ataupun tulisan quotes untuk menyemangati hari-hari. Dalam menghias dinding kamar, Anda bisa bebas berkekspresi sesuai dengan kepribadian dengan tetap memperhatikan nilai estetikanya.

3. Memilih Jenis Tirai

cara menghias kamar tidur dengan menambahkan tirai
pinterest.com

Pemilihan jenis dan warna tirai pada kamar tidur perlu diperhatikan ketika mulai mendesainnya. Salah satu tips menentukan warna tirai adalah dengan memilih warna yang cerah namun tetap menyatu dengan warna yang ada di sekitarnya. Bahan tirainya juga disarankan tidak terlalu tebal, tidak juga terlalu tipis.

Pemasangan tirai disarankan bisa menciptakan ilusi optik. Caranya adalah dengan menggantungkan tirai lebih tinggi dibandingkan jendela kamar dan panjangnya juga melebihi jendela aslinya. Penggunaan tirai dengan motif boleh saja, namun tidak disarankan terlalu berlebihan dan terlalu ramai.

4. Bermain Ornamen dan Pola

ornamen dan pola dikamar
Dekoruma.com

Agar dekorasi kamar tidur menjadi lebih hidup, Anda bisa menambahkan sentuhan ornamen dan pola. Keduanya dapat ditemukan di elemen seperti pilihan selimut, sprei dan cushion. Dengan mengkombinasikan antara ketiganya, nantinya akan menghasilkan sesuatu yang baru karya Anda sendiri.

Baca Juga : Dekorasi Rumah Minimalis

Cara tersebut dipercaya dapat membuat tempat tidur menjadi terlihat lebih luas dan indah. Anda juga bisa mengkombinasikan antara beberapa jenis motif dan pola menjadi satu hasil karya yang baru. Sebagai penawar apabila terlalu ramai, Anda bisa menambahkan beberapa pola dan ornamen dengan warna netral.

5. Menambahkan Floating Shelves

cara menghias kamar tidur dengan Menambahkan Floating Shelves
pinterest.com

Floating shelves atau rak melayang seringkali ditemukan di rumah minimalis semi modern. Penggunaan rak melayang dipercaya lebih efektif dan efisien dalam menciptakan suasana baru dalam kamar tidur. Hal ini disebabkan oleh penggunaan rak biasa akan membutuhkan banyak ruang, sedangkan untuk rak melayang bisa ditempatkan dimana saja. Sisa ruangnya juga bisa digunakan untuk hal lain.

Beberapa titik strategis yang bisa Anda gunakan untuk ditambahkan rak melayang diantaranya adalah atas tempat tidur. Anda juga bisa menambahkan di atas meja belajar sebagai tempat penyimpanan buku tambahan. Sudut lain juga bisa digunakan untuk menempatkan foto atau benda kecil lainnya.

6. Menambahkan Meja Rias Multifungsi

menambahkan meja rias dikamar
thomasmoorehomes.com

Bagi Anda yang memiliki kamar tidur dengan ukuran yang tidak terlalu luas tentunya harus pintar dalam memilih properti apa saja yang akan dipilih. Selain memperhatikan bentuk dan ukuran, Anda juga harus memperhatikan fungsinya. Carilah sekitarnya properti yang multifungsi.

Baca Juga : Desain Ruang Tamu Kecil Minimalis

Salah satu elemen yang bisa Anda gunakan adalah meja rias yang bisa dimanfaatkan sebagai nakas. Meja rias bisa Anda tempatkan di bagian samping kanan atau kiri dari tempat tidur. Nantinya meja tersebut bisa digunakan untuk meletakkan kacamata, gelas, handphone ataupun lampu tidur kecil tanpa harus turun dari kasur.

Selain itu, usahakan cari meja rias yang memiliki beberapa laci penyimpanan. Anda bisa meletakkan beberapa make up ke dalam laci paling atas. Sedangkan untuk sisa laci yang ada bisa Anda gunakan sebagai tempat penyimpanan obat, P3K dan barang-barang lainnya.

7. Kombinasi Tekstur

kombinasi tekstur kamar
aca.co.id

Aspek selanjutnya yang tidak boleh dilupakan adalah kombinasi beragam tekstur yang digunakan. Kombinasi antar tekstur ini sama seperti halnya kombinasi warna dan pola dalam kamar. Poin utama dalam keragaman tekstur adalah pemilihan jenis material yang tepat, sehingga akan menciptakan kenyamanan.

Contohnya disini adalah pada penutup lampu meja rias yang terbuat dari anyamanan atau rajutan yang memberikan kesan tekstur organik. Pada bagian luar kasur bisa memilih dengan bahan linen yang teksturnya halus dan licin untuk membuat kenyamanan tidur Anda.

8. Membuat Mezzanine

membuat Mezzanine
lowes.ca

Mezzanine merupakan konsep ruang atau lantai tambahan dalam suatu ruangan yang dibangun antara ruang lantai dengan langit-langit yang semi terbuka. Cara ini cukup efektif untuk memanfaatkan ruang yang tersisa dalam kamar tersebut. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah Anda harus melakukan lebih banyak perombakan pada struktur dan konstruksi ruangan.

Tujuannya adalah agar mezzanine tersebut dapat menampung beban dengan kuat dan kokoh. Mezzanine atas bisa digunakan sebagai tempat tidur. Ruang kosong di bawahnya bisa digunakan sebagai tempat belajar atau tempat bersantai. Anda juga bisa menambahkan lemari atau tempat meletakkan berbagai koleksi yang dimiliki.

Memiliki kamar yang luas ataupun kecil tidak boleh menghalangi Anda dalam mendekorasinya. Semakin bagus imajinasi dan kombinasi yang Anda lakukan, maka hasilnya akan maksimal.

Post Comment